eprintid: 84949 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/49/49 datestamp: 2025-01-15 02:24:49 lastmod: 2025-01-15 02:24:49 status_changed: 2025-01-15 02:24:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Bayan, Dedek Umar title: UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar dan rasa percaya diri siswa pada pembelajaran tematik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas V SD Muhammadiyah Pakel Program Plus tahun pelajaran 2022/2023. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK yang digunakan adalah desain Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adaah siswa kelas V SD Muhammadiyah Pakel Program Plus yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan belajar dan rasa percaya diri siswa di kelas V SD Muhammadiyah Pakel Program Plus setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada kegiatan pembelajaran bisa dijadikan opsi dalam upaya guru untuk meningkatkan keaktifan belajar dan rasa percaya diri siswa. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Rasa Percaya Diri, Think Pair Share date: 2025-01-15 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Bayan, Dedek Umar (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84949/1/TAS_Dedek%20Umar%20Bayan_PGSD_17108241072.pdf