TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Bayan, Dedek Umar UR - http://eprints.uny.ac.id/84949/ M1 - skripsi AV - restricted TI - UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA ID - UNY84949 N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar dan rasa percaya diri siswa pada pembelajaran tematik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas V SD Muhammadiyah Pakel Program Plus tahun pelajaran 2022/2023. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain PTK yang digunakan adalah desain Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adaah siswa kelas V SD Muhammadiyah Pakel Program Plus yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan belajar dan rasa percaya diri siswa di kelas V SD Muhammadiyah Pakel Program Plus setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada kegiatan pembelajaran bisa dijadikan opsi dalam upaya guru untuk meningkatkan keaktifan belajar dan rasa percaya diri siswa. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Rasa Percaya Diri, Think Pair Share Y1 - 2025/01/15/ ER -