eprintid: 84948 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/49/48 datestamp: 2025-01-15 02:02:17 lastmod: 2025-01-15 02:02:17 status_changed: 2025-01-15 02:02:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kurniawa, Tedi Asep title: PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KEMANTREN DANUREJAN ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilakukan karena kedisiplinan belajar yang dimiliki siswa sekolah dasar masih mudah dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsep diri terhadap kedisiplinan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex-post facto. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri se-Kemantren Danurejan Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 128 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala konsep diri dan skala kedisiplinan belajar. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan uji reliabilitas dengan menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini menunjukan bahwa partisipan penelitian memiliki konsep diri berada pada kategori sedang sebesar 67,18% , sedangkan kedisiplinan belaja berada pada kategori sedang sebesar 71,09%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa konsep diri memiliki pengaruh positif terhadap kedisiplinan belajar siswa (signifikansi<0,05). Koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,143 yang berarti konsep diri berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar sebesar 14,3% sementara sisanya 85,7% dipengaruhi oleh faktor yang lainnya. Kata kunci : konsep diri, kedisiplinan belajar date: 2025-01-15 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Kurniawa, Tedi Asep (2025) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KEMANTREN DANUREJAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84948/1/TAS_TEDI%20ASEP%20KURNIAWAN_17108241126.pdf