%0 Thesis %9 S3 %A Fauziah, Rosynanda Nur %A Ghufron, Anik %B Ilmu Pendidikan %D 2024 %F UNY:84934 %I Sekolah Pascasarjana %K media pembelajaran, video animasi, simulasi, pembelajaran fisika, HOTS, teknologi pendidikan, siswa SMA %T Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Simulasi untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Fisika Siswa SMA Kelas X. %U http://eprints.uny.ac.id/84934/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran video animasi simulasi untuk meningkatkan higher-order thinking skill (HOTS), (2) menguji kelayakan media video animasi simulasi yang dikembangkan, (3) menguji keefektifan media video animasi yang dikembangkan untuk meningkatkan HOTS, dan (4) mendeksripsikan kepraktisan media yang dikembangkan untuk meningkatkan HOTS. Desain model pengembangan menggunakan Gall, Gall, & Borg (2003) modifikasi yang meliputi perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, revisi produk, uji coba revisi produk, dan implementasi serta evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Godean, SMAN 1 Dlingo, dan SMAN 4 Y ogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Y ogyakarta tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner, soal pretest dan soal posttest HOTS. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian dan pengembangan berhasil (1) mengembangkan media pembelajaran video animasi simulasi yang inovatif dan menarik untuk membantu siswa memahami konsep-konsep fisika yang abstrak dan kompleks, sehingga menciptakan media video animasi simulasi yang secara khusus fokus pada pengembangan HOTS pada pembelajaran fisika siswa SMA kelas X, (2) hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi simulasi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika, hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media, (3) media pembelajaran video animasi simulasi yang dikembangkan terbukti efektif dalam membantu siswa memahami konsep-konsep fisika pengukuran, berdasarkan hasil uji ANOVA dan uji N-gain, dan (4) media pembelajaran video animasi simulasi untuk mempelajari materi besaran, satuan dan pengukuran yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika, berdasarkan hasil respon siswa dan respon guru.