TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru dalam penguatan karakter disiplin terhadap siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri Pandeyan Yogyakarta. Penelitian kualitatif ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di sekolah dasar Negeri Pandeyan Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2023. Subjek penelitian meliputi guru kelas rendah dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan peran-peran yang dapat mengembangkan dan menguatkan karakter disiplin pada diri siswa. peran seorang guru yang diterapkan melibatkan berbagai aspek seperti memotivasi, menyediakan kegiatan yang menarik, berperan sebagai fasilitator, memberikan bimbingan, kerja kelompok, dan mengevaluasi pengetahuan kedisiplinan siswa, bertindak sebagai pengajar, menyediakan ide yang baik, manajemen waktu, dan keterampilan komunikasi yang efektif. Pada akhirnya, peran seorang guru adalah untuk memotivasi dan mendukung siswa dalam perjalanan belajar siswa, memastikan siswa dipersiapkan dengan baik dan diperlengkapi untuk berhasil di bidang yang mereka pilih. Kata kunci : peran guru, disiplin, siswa kelas rendah Y1 - 2025/01/13/ ID - UNY84907 TI - PERAN GURU DALAM PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN TERHADAP SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI PANDEYAN YOGYAKARTA AV - restricted M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/84907/ A1 - Putri, Riani Savira PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi ER -