eprintid: 84798 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/47/98 datestamp: 2025-02-17 09:08:26 lastmod: 2025-02-17 09:08:26 status_changed: 2025-02-17 09:08:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muhammad, Widaad Duta corp_creators: Dr. Nur Rohmah Muktiani, M.Pd. title: Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pakem ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pjkr full_text_status: public keywords: dukungan orang tua, motivasi belajar, hasil belajar note: Dosen Pembimbing: Dr. Nur Rohmah Muktiani, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kelas VIII di SMP Negeri 3 Pakem. Penelitian ini di latar belakang oleh : 1) Pendidikan memperkuat kekuatan spiritual, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, dan keterampilan, 2) Motivasi belajar sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa, 3) Orang tua berperan penting dalam dukungan dan motivasi siswa 4). Hasil belajar merupakan perubahan pada diri siswa setelah belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini enggunakan instrument yang berbentuk kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMPN 3 Pakem berjumlah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Quota Sampling atau menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah kuota yang di inginkan, peneliti mendapati 80 sampel dari kuota yang di inginkan. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan jasmani peserta didik. Hal ini perolehan nilai uji t memiliki nilai signifikansi sebesar 0,018 pada variabel dukungan orang tua terhadap hasil belajar, sehingga hipotesis yang menunjukkan terdapat hubungan positif dukungan orang tua terhadap hasil belajar diterima. Selanjutnya perolehan uji t pada variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,834, sehingga hipotesis yang menunjukkan terdapat hubungan positif motivasi belajar terhadap hasil belajar ditolak. Kemudian uji hipotesis terakhir yaitu uji F. Perolehan uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,047, sehingga hipotesis yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan jasmani dapat diterima. Dan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik date: 2024-08-12 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi thesis_type: skripsi citation: Muhammad, Widaad Duta (2024) Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII di SMP Negeri 3 Pakem. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84798/1/fulltext_wi%20daad%20duta%20muhammad_20601244109.pdf