%0 Thesis %9 S1 %A Nur ain, Reza Muchsan %A Dr. Yudanto, M.Pd., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2024 %F UNY:84795 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K keterampilan dasar sepakbola, kemampuan motorik, aktivitas fisik %T Hubungan Antara Aktivitas Fisik dan Kemampuan Motorik Terhadap Keterampilan Dasar Bermain Sepakbola Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SD N Pendemsari Berbah Sleman %U http://eprints.uny.ac.id/84795/ %X Tujuan penelitian ini diarahkan untuk: (1) Mengetahui seberapa signifikan aktivitas fisik terhadap keterampilan dasar sepakbola pada ekstrakurikuler sepakbola di SD Negeri Pendemsari; (2) Mengetahui hubungan yang relevan antara kemampuan motorik dengan keterampilan dasar sepakbola pada partisipan ekstrakurikuler sepakbola di SD Negeri Pendemsari; dan (3) Memahami hubungan yang relevan antara kegiatan fisik dan kemampuan motorik terhadap keterampilan dasar bermain sepakbola di SD Negeri Pendemsari. Metode penelitian yang digunakan, yaitu desain deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian berjumlah 39 peserta didik dari ekstrakurikuler sepakbola SD N Pendemsari Berbah, Sleman. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner dan observasi praktik langsung. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dan kemampuan motorik dengan keterampilan dasar sepakbola. Secara keseluruhan, kemampuan motorik peserta ekstrakurikuler tercatat sebagai berikut. (1) Sangat tinggi pada 2 peserta didik (5,13%), (2) tinggi pada 10 peserta didik (25,64%), (3) sedang pada 11 peserta didik (28,20%), (4) rendah pada 15 peserta didik (38,46%), dan (5) sangat rendah pada 1 peserta didik (2,57%). Analisis data menghasilkan nilai korelasi (R) sebesar 0,624 dan R Square sebesar 0,390. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel bebas berpengaruh sebesar 39% terhadap variabel terikat, dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai F sebesar 11,48. Dapat disimpulkan bahwa F-hitung lebihbesar dari F-tabel dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, menandakan adanya hubungan simultan antara aktivitas fisik dan kemampuan motorik dengan keterampilan dasar sepakbola. Dengan demikian, semakin tinggi partisipasi peserta didik dalam ekstrakurikuler sepakbola, maka akan meningkat pula aktivitas fisik dan kemampuan motorik mereka, di mana pada gilirannya meningkatkan keterampilan dasar bermain sepakbola. %Z Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.