%0 Thesis %9 S1 %A Primandanu, Anggita Bagas %B PGSD %D 2024 %F UNY:84782 %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %T HUBUNGAN PEMBERIAN REINFORCEMENT POSITIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD N SE-GUGUS 3 SAMIGALUH KULON PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/84782/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberian reinforcement positif dengan motivasi belajar peserta didik SD N kelas V SeGugus 3 Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi ex-post facto yang menggunaan instrumen berupa variabel reinforcement positif dan variabel motivasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Se-Gugus 3 Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Se-Gugus 3 Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 64. Analisis data dilakukan dengan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menghasilkan nilai reliabilitas motivasi belajar sebesar 0,889 dan nilai reliabilitas reinforcement positif sebesar 0,923. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara reinforcement positif dengan motivasi belajar peserta didik kelas V SD Se-Gugus 3 Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Hasil analisis variabel reinforcement positif menunjukkan kategori sedang sebesar 73% dan variabel motivasi belajar menunjukkan kategori sedang sebesar 69%. Hasil uji korelasi menunjukkan rhitung sebesar 0,269 dan nilai signifikansi 0,032 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai korelasi antara reinforcement positif dengan motivasi belajar siswa sebesar 0,269 berada diantara 0,20 – 0,399 sehingga termasuk dalam kategori rendah. Kata Kunci: reinforcement positif, motivasi belajar, sekolah dasar