TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Kelas IV SD Negeri Ciren, Kapanewon Pandak, Bantul. Selain itu, mengungkap keunikan yang ada di sekolah tersebut sehingga dapat digunakan sebagai referensi untuk sekolah lainnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Objek penelitian ini yaitu situasi sosial yang menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di Kelas IV SD Negeri Ciren. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Kelas IV SD Negeri Ciren dilaksanakan melalui: (1) Pembiasaan keteladanan dilakukan oleh kepala sekolah, guru, dan sesama siswa melalui perilaku peduli lingkungan dan ikut berpartisipasi aktif pada program sekolah. (2) Pembiasaan spontan dengan cara guru memberikan tanggapan berupa apresiasi, teguran, dan nasihat pada siswa terkait tindakan peduli lingkungan. (3) Pembiasaan rutin melalui pengintegrasian pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran, pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan, memisahkan dan memilah jenis sampah, dan tindakan hemat energi. (4) Pengondisian dilakukan dengan penyediaan dan pemeliharaan sarana prasana pendukung pelaksanaan karakter peduli lingkungan, seperti wastafel di setiap kelas, hidroponik, greenhouse, kolam ikan, kotak limbah batik, tempat sampah sistem pilah sesuai jenis, dan sebagainya. Kata Kunci : implementasi, pendidikan karakter peduli lingkungan, Kelas IV SD Negeri Ciren AV - restricted A1 - Nur Kholis, Riski Irawan TI - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI KELAS IV SD NEGERI CIREN PANDAK BANTUL PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/84773/ Y1 - 2024/12/30/ ID - UNY84773 ER -