TY  - THES
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi pendidikan
karakter peduli lingkungan di Kelas IV SD Negeri Ciren, Kapanewon Pandak,
Bantul. Selain itu, mengungkap keunikan yang ada di sekolah tersebut sehingga
dapat digunakan sebagai referensi untuk sekolah lainnya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Objek penelitian ini yaitu situasi sosial yang menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan di Kelas IV SD Negeri Ciren. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan
triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di Kelas IV SD Negeri Ciren dilaksanakan melalui: (1)
Pembiasaan keteladanan dilakukan oleh kepala sekolah, guru, dan sesama siswa
melalui perilaku peduli lingkungan dan ikut berpartisipasi aktif pada program
sekolah. (2) Pembiasaan spontan dengan cara guru memberikan tanggapan berupa
apresiasi, teguran, dan nasihat pada siswa terkait tindakan peduli lingkungan. (3)
Pembiasaan rutin melalui pengintegrasian pendidikan karakter peduli lingkungan
dalam pembelajaran, pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian
lingkungan, memisahkan dan memilah jenis sampah, dan tindakan hemat energi.
(4) Pengondisian dilakukan dengan penyediaan dan pemeliharaan sarana prasana
pendukung pelaksanaan karakter peduli lingkungan, seperti wastafel di setiap kelas,
hidroponik, greenhouse, kolam ikan, kotak limbah batik, tempat sampah sistem
pilah sesuai jenis, dan sebagainya.
Kata Kunci : implementasi, pendidikan karakter peduli lingkungan, Kelas IV SD
Negeri Ciren
AV  - restricted
A1  - Nur Kholis, Riski Irawan
TI  - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN
DI KELAS IV SD NEGERI CIREN PANDAK BANTUL
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
M1  - skripsi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/84773/
Y1  - 2024/12/30/
ID  - UNY84773
ER  -