TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi A1 - Firdausyi, Rizky Alief M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/84772/ AV - restricted TI - PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD NEGERI SUKOREJO I KOTA BLITAR ID - UNY84772 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melaui metode pembelajaran PBL pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SD. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sukorejo I, Sukorejo, Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas V SD Negeri Sukorejo I yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian adalah apabila 75% dari total jumlah siswa mendapat nilai 75 yang sesuai dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri Sukorejo I. Berdasarkan data hasil penelitian, pada tahap pratindakan, hasil observasi ketercapaian ketuntasan menunjukkan ada 2 dari 11 siswa atau sekitar 18,18% dari keseluruhan siswa dengan rata-rata nilai sebesar 46,36. Peningkatan presentase ketuntasan siswa dalam hasil observasi terjadi pada tindakan siklus I dengan presentase ketuntasan sebesar 3 dari 11 siswa atau 27,27% siswa tuntas dengan ratarata 65. Pada tindakan siklus II terdapat 9 dari 11 siswa atau 81,81% siswa dinyatakan tuntas dengan rata-rata 81,36. Siswa yang belum tuntas dibina dan diberi evaluasi mengenai kekurangan mereka sehingga dapat lebih aktif lagi pada pembelajaran selanjutnya. Kata kunci: Keaktifan Belajar Siswa, PBL, Pendidikan Pancasila Y1 - 2024/12/30/ ER -