@phdthesis{UNY84758, month = {December}, year = {2024}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIOSIR (DIORAMA SIKLUS AIR) PADA MATERI IPA KELAS V SD KANISIUS SOROWAJAN YOGYAKARTA}, author = {Benedicta Elvirra Dheylamasta}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Diorama Siklus Air yang layak digunakan untuk pembelajaran IPA materi siklus air bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R\&D) dengan menggunakan tiga model pengembangan ADDIE yaitu Analisis (analysis), Desain (design), dan Pengembangan (development). Produk yang dihasilkan berupa Media Diorama Siklus Air. Pengumpulan kelayakan dilakukan dengan pengisian angket validasi oleh validator ahli media dan validator ahli materi yang merupakan dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNY serta pengisian angket respon guru dan siswa. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi media dan materi oleh ahli, media telah layak digunakan dengan hasil rata-rata validasi sebesar 4,6 yang termasuk kategori ?sangat baik?. Rata-rata validasi diperoleh dari hasil validasi media dengan ratarata 4,2 yang termasuk pada kategori ?baik? dan hasil validasi materi dengan ratarata 5 yang termasuk pada kategori ?sangat baik?. Angket respon siswa menunjukkan hasil dengan klasifikasi ?sangat baik? dan termasuk kriteria layak dengan persentase sebesar 95\%. Sedangkan angket respon guru menunjukkan hasil dengan klasifikasi ?sangat baik? dan termasuk kriteria layak dengan persentase sebesar 96\%. Secara keseluruhan, Media Diorama Siklus Air dinyatakan layak untuk digunakan ketika pembelajaran IPA materi siklus air bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Kata kunci: Diorama, Media Pembelajaran, Pembelajaran IPA}, url = {http://eprints.uny.ac.id/84758/} }