eprintid: 84757
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 1233
dir: disk0/00/08/47/57
datestamp: 2024-12-27 02:16:50
lastmod: 2024-12-27 02:16:50
status_changed: 2024-12-27 02:16:50
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Tri Arumi, Defitri Retno
title: PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA
PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS
SUMBERAGUNG KAPANEWON MOYUDAN
ispublished: pub
subjects: media_pend
subjects: pendidikan_ips
subjects: pssd_pgsd
divisions: fip_pgsd
full_text_status: restricted
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk buku cerita
bergambar yang layak digunakan oleh siswa kelas IV pembelajaran IPS pada
materi Kekayaan Budaya Indonesia, dan (2) menghasilkan produk buku cerita
bergambar yang praktis digunakan oleh siswa kelas IV pembelajaran IPS pada
materi Kekayaan Budaya Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengacu
pada model Borg & Gall dengan tujuh langkah pengembangan, yaitu 1) penelitian
dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format
produk awal, 4) uji coba awal, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan, dan 7) revisi
produk. Pada tahap pengembangan format awal dilakukan validasi oleh validasi
materi dan validasi media. Uji coba yang dilakukan pada penelitian ini yaitu uji
coba awal dan uji coba lapangan. Subjek uji coba, yaitu sebanyak 10 siswa pada
uji coba awal dan sebanyak 81 siswa pada uji coba lapangan. Uji coba awal
dilakukan di SD Muhammadiyah Ngijon 1 kelas IV A. Uji coba lapangan
dilakukan di SD Muhammadiyah Ngijon 1 kelas IV B, SD Negeri Ngijon 1, SD
Negeri Ngijon 2, SD Negeri Ngijon 3, dan SD Negeri Malangan. Pengumpulan
dapa pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan angket.
Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar yang dibuat
sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini
ditunjukkan melalui: (1) hasil validasi ahli materi 4,1 (layak), (2) hasil validasi
media 4,8 (sangat layak), (3) hasil uji coba awal siswa 4,9 (sangat praktis), (4)
hasil uji coba awal guru 4,4 (sangat praktis), (5) hasil uji coba lapangan siswa 4,9
(sangat praktis), dan (6) hasil uji lapangan guru 4,6 (sangat praktis). Berdasarkan
hasil tersebut, buku cerita bergambar “Keanekaragaman Budaya Indonesia”
dinyatakan layak dan praktis digunakan oleh siswa kelas IV pembelajaran IPS
pada materi Kekayaan Budaya Indonesia.
Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar, Pembelajaran IPS, Kekayaan Budaya
Indonesia
date: 2024-12-27
date_type: published
institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
department: PGSD
thesis_type: skripsi
citation:   Tri Arumi, Defitri Retno  (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS SUMBERAGUNG KAPANEWON MOYUDAN.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/84757/1/SKRIPSI_DEFITRI%20RETNO%20TRI%20ARUMI_REVISI.pdf