TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Y1 - 2024/12/27/ UR - http://eprints.uny.ac.id/84757/ M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS SUMBERAGUNG KAPANEWON MOYUDAN A1 - Tri Arumi, Defitri Retno ID - UNY84757 AV - restricted N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk buku cerita bergambar yang layak digunakan oleh siswa kelas IV pembelajaran IPS pada materi Kekayaan Budaya Indonesia, dan (2) menghasilkan produk buku cerita bergambar yang praktis digunakan oleh siswa kelas IV pembelajaran IPS pada materi Kekayaan Budaya Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada model Borg & Gall dengan tujuh langkah pengembangan, yaitu 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal, 4) uji coba awal, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan, dan 7) revisi produk. Pada tahap pengembangan format awal dilakukan validasi oleh validasi materi dan validasi media. Uji coba yang dilakukan pada penelitian ini yaitu uji coba awal dan uji coba lapangan. Subjek uji coba, yaitu sebanyak 10 siswa pada uji coba awal dan sebanyak 81 siswa pada uji coba lapangan. Uji coba awal dilakukan di SD Muhammadiyah Ngijon 1 kelas IV A. Uji coba lapangan dilakukan di SD Muhammadiyah Ngijon 1 kelas IV B, SD Negeri Ngijon 1, SD Negeri Ngijon 2, SD Negeri Ngijon 3, dan SD Negeri Malangan. Pengumpulan dapa pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar yang dibuat sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui: (1) hasil validasi ahli materi 4,1 (layak), (2) hasil validasi media 4,8 (sangat layak), (3) hasil uji coba awal siswa 4,9 (sangat praktis), (4) hasil uji coba awal guru 4,4 (sangat praktis), (5) hasil uji coba lapangan siswa 4,9 (sangat praktis), dan (6) hasil uji lapangan guru 4,6 (sangat praktis). Berdasarkan hasil tersebut, buku cerita bergambar ?Keanekaragaman Budaya Indonesia? dinyatakan layak dan praktis digunakan oleh siswa kelas IV pembelajaran IPS pada materi Kekayaan Budaya Indonesia. Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar, Pembelajaran IPS, Kekayaan Budaya Indonesia ER -