relation: http://eprints.uny.ac.id/84757/
title: PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA  PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS  SUMBERAGUNG KAPANEWON MOYUDAN
creator: Tri Arumi, Defitri Retno
subject: Media Pendidikan
subject: Pendidikan IPS
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk buku cerita  bergambar yang layak digunakan oleh siswa kelas IV pembelajaran IPS pada  materi Kekayaan Budaya Indonesia, dan (2) menghasilkan produk buku cerita  bergambar yang praktis digunakan oleh siswa kelas IV pembelajaran IPS pada  materi Kekayaan Budaya Indonesia.  Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengacu  pada model Borg & Gall dengan tujuh langkah pengembangan, yaitu 1) penelitian  dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format  produk awal, 4) uji coba awal, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan, dan 7) revisi  produk. Pada tahap pengembangan format awal dilakukan validasi oleh validasi  materi dan validasi media. Uji coba yang dilakukan pada penelitian ini yaitu uji  coba awal dan uji coba lapangan. Subjek uji coba, yaitu sebanyak 10 siswa pada  uji coba awal dan sebanyak 81 siswa pada uji coba lapangan. Uji coba awal  dilakukan di SD Muhammadiyah Ngijon 1 kelas IV A. Uji coba lapangan  dilakukan di SD Muhammadiyah Ngijon 1 kelas IV B, SD Negeri Ngijon 1, SD  Negeri Ngijon 2, SD Negeri Ngijon 3, dan SD Negeri Malangan. Pengumpulan  dapa pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan angket.  Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar yang dibuat  sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini  ditunjukkan melalui: (1) hasil validasi ahli materi 4,1 (layak), (2) hasil validasi  media 4,8 (sangat layak), (3) hasil uji coba awal siswa 4,9 (sangat praktis), (4)  hasil uji coba awal guru 4,4 (sangat praktis), (5) hasil uji coba lapangan siswa 4,9  (sangat praktis), dan (6) hasil uji lapangan guru 4,6 (sangat praktis). Berdasarkan  hasil tersebut, buku cerita bergambar “Keanekaragaman Budaya Indonesia”  dinyatakan layak dan praktis digunakan oleh siswa kelas IV pembelajaran IPS  pada materi Kekayaan Budaya Indonesia.  Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar, Pembelajaran IPS, Kekayaan Budaya  Indonesia
date: 2024-12-27
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/84757/1/SKRIPSI_DEFITRI%20RETNO%20TRI%20ARUMI_REVISI.pdf
identifier:   Tri Arumi, Defitri Retno  (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS SUMBERAGUNG KAPANEWON MOYUDAN.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.