eprintid: 84739
rev_number: 8
eprint_status: archive
userid: 1233
dir: disk0/00/08/47/39
datestamp: 2024-12-20 04:33:45
lastmod: 2024-12-20 04:33:45
status_changed: 2024-12-20 04:33:45
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Aurellia, Adinda
title: PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SINDUREJAN KOTA YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: pendidikan_ips
subjects: pssd_pgsd
divisions: fip_pgsd
full_text_status: restricted
abstract: Penelitian ini bertujan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) pada peserta didik kelas V SD Negeri Sindurejan, Kota Yogyakarta pada materi jenis-jenis usaha ekonomi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas VB SD Negeri Sindurejan Kota Yogyakarta. Desain penelitian mengacu pada Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen berupa lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. kriteria keberhasilan yang telah ditentukan untuk meningkatkan keaktifan adalah ≥75% dari jumlah peserta didik kelas VB memperoleh skor keaktifan belajar dalam kriteria tinggi. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS peserta didik kelas VB SD Negeri Sindurejan. Hal ini ditunjukkan melalui hasil penelitian keaktifan belajar peserta didik pada siklus I yaitu 64%, dengan kaetgori sedang, kemudian dengan adanya perbaikan pada siklus II, keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu 76% yang artinya keaktifan belajar peserta didik pada siklus II telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu ≥ 75% dari jumlah peserta didik mendapatkan kategori tinggi. 

Kata kunci: Keaktifan belajar, model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), IPS
date: 2024-12-20
date_type: published
institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
department: PGSD
thesis_type: skripsi
citation:   Aurellia, Adinda  (2024) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SINDUREJAN KOTA YOGYAKARTA.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/84739/1/Adinda%20Aurellia_Tugas%20Akhir%20Skripsi.pdf