eprintid: 84727 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/47/27 datestamp: 2024-12-18 03:38:21 lastmod: 2024-12-18 03:38:21 status_changed: 2024-12-18 03:38:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Apriliana, Erna title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KEMANTREN WIROBRAJAN YANG BERMAIN DAN TIDAK BERMAIN GAME ONLINE ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri se-Kemantren Wirobrajan yang bermain dan tidak bermain game online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Populasi penelitian berjumlah 147 siswa yang tersebar di lima sekolah dasar negeri di Kemantren Wirobrajan. Sampel penelitian berjumlah 69 siswa dengan kategori 37 siswa yang bermain game online dengan intensitas tinggi dan sangat tinggi, dan sebanyak 32 siswa yang tidak bermain game online. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menyebar kuisioner yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas kepada siswa untuk mengukur intensitas bermain game online. Sementara hasil belajar kognitif diperoleh dari dokumentasi nilai ulangan akhir semester 2. Hasil uji komparasi Mann Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang bermain dan tidak bermain game online dengan nilai sig 0.004. Berdasarkan analisis deksriptif, siswa yang tidak bermain game online memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang bermain game online. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa kelas V SD negeri se-Kemantren Wirobrajan yang bermain dan tidak bermain game online. Kata kunci: hasil belajar kognitif, game online, komparasi date: 2024-12-18 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Apriliana, Erna (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KEMANTREN WIROBRAJAN YANG BERMAIN DAN TIDAK BERMAIN GAME ONLINE. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84727/1/Skripsi_Erna%20Apriliana.pdf