<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUWO PAJANGAN BANTUL"^^ . "SD Negeri Guwo merupakan sekolah inklus yang mana guru kelas harus dapat berperan untuk melayani pembelajaran bagi pesertadidik berkebutuhan khusus. Namun jika hal ini tidak dibarengi dengan persiapan seperti adanya guru pendamping khusus, kompetensi guru yang sudah mumpuni maka akan menimbulkan masalah. Realitas lapangan menunjukkan bawa guru SD Negeri gurwo mengalam berbagai hamabatan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.\r\nBerdasarkan hal diatas , penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat bagi guru kelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa \r\nberkebutuhan khusus di SD Negeri guwo dan untuk mengetahui proses munculnya\r\nfaktor-faktor penghambat tersebut. Untuk mengetahui tersebut perlu digali dengan\r\nmetode penelitian kualitatif pendektan studi kasus. Tehnik analisis data pada penelitian ini menggunakan tehnik analisis Mile dan Huberman. Analisis mile dan hubermen merupakan tehnik analisis yang memiliki tahap data collection, data reduction, display data, dan conclusions.\r\nHasil penelitian ini ialah Hambatan pembelajaran bahasa Indonesia pada anak\r\nberkebutuhan khusus dalam situasi kelas regular jenjang kelas 2 di SD Negeri Guwo\r\ndapat diklasifikasikan menjadi empat, yaitu: 1. Lambatnya pesertadidik dalam mencerna pelajaran , 2. tidak adanya guru pendamping khusus untk siswa berkebutuhan khusus , 3. rendahnya komptensi pedagogik guru, 4. jarang terjalinnya hubungan orang tua pesertadidik ABK dengan guru kelas Adapun fakor penghambat guru dalam pembelaajaran Bahasa Indonesia terjadi melalui beberapa tahap. 1. Tidak adanya guru pendamping khusus untuk siswa berkebuthan khusus , 2. Rendahnya kompetensi pedagogik guru terkait anak berkebutuhan khusus , 3. Jarang terjalinya hubungan antara orang tua guru kelas, 4. Lambatnya pesertadidik dalam mencerna pelajaran\r\n\r\nKata kunci: inklusi, komptensi, faktor penghambat, pembelajaran"^^ . "2024-12-18" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Iga Dwy"^^ . "Atmini"^^ . "Iga Dwy Atmini"^^ . . . . . . "FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUWO PAJANGAN BANTUL (Text)"^^ . . . "FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUWO PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUWO PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUWO PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUWO PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUWO PAJANGAN BANTUL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #84725 \n\nFAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUWO PAJANGAN BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . . . "Pendidikan Luar Biasa" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .