%0 Thesis %9 S1 %A WIDYA AYU, RAKASIWI %A PRIHASTUTI EKAWATININGSIH, M. Pd, %A Dr. SITI HAMIDAH, %A MINTA HARSANA, M.Sc, %B FAKULTAS TEKNIK %D 2012 %F UNY:8472 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Efektifitas, Model pembelajaran, Prestasi belajar %T EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS EAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TATA HIDANG SISWA KELAS X JURUSAN JASA BOGA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/8472/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui gambaran pembelajaran Tata Hidang dengan metode konvensional di SMK Negeri 4 Yogyakarta; (2) Mengetahui gambaran pembelajaran Tata Hidang dengan metode kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) di SMK Negeri 4 Yogyakarta; (3) Mengetahui prestasi belajar Tata Hidang siswa Jurusan Jasa Boga SMK Negeri 4 Yogyakarta dengan metode pembelajaran konvensional; (4) Mengetahui prestasi belajar Tata Hidang Jurusan Jasa Boga SMK Negeri 4 Yogyakarta dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD); (5)Mengetahui perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran Tata Hidang dengan metode konvensional dan pembelajaran Tata Hidang dengan metode kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) siswa Jurusan Jasa Boga SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 4 Yogyakarta pada bulan April-Mei 2012. Penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan dan finalisasi. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan mengambil sampel penelitian sebanyak 66 subjek yaitu 33 siswa kelas X Jasa Boga 1 sebagai kelas kontrol dan 33 siswa kelas X Jasa Boga 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis ini menggunakan uji coba instrumen tes yang berjumlah 30 soal dengan 5 pilihan jawaban untuk mengetahui prestasi belajar Tata Hidang siswa kelas X Jurusan Jasa Boga SMK Negeri 4 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran pembelajaran Tata Hidang dengan metode konvensional di SMK Negeri 4 Yogyakarta siswa kelas X Jasa Boga 1 yaitu proses pembelajaran materi yang disampaikan dengan menggunakan metode ceramah yang diselingi tanya jawab kepada siswa.; (2) Gambaran pembelajaran Tata Hidang dengan metode kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) siswa kelas X Jasa Boga 2 yaitu proses pembelajaran meliputi pembentukan kelompok secara heterogen kemudian memberikan lembar kerja siswa, saling berdiskusi dan mempresentasikan hasil diskusi; (3) Prestasi hasil belajar siswa kelas kontrol X Jurusan Jasa Boga 1 menunjukan hasil belajar 6, 54 dengan kategori penilaian cukup dan pembelajaran efektiv; (4) Prestasi hasil belajar siswa kelas eksperimen X Jasa Boga 2 menunjukan hasil belajar 7,18 dengan kategori penilaian cukup; (5) Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara pembelajaran dengan metode konvensional dan pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) yaitu pembelajaran dengan metode Students Teams Achievement Divisions (STAD) lebih baik dibandingkan prestasi belajar dengan metode pembelajaran konvensional.