TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/84709/ M1 - skripsi AV - restricted A1 - Ramadhani, Evita Y1 - 2024/12/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Penelitian ini dikhususkan untuk guru kelas V guna mengetahui sejauh mana peran guru dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Peran guru pada penelitian ini meliputi peran guru sebagai fasilitator, motivator, mediator dan evaluator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru kelas V SD Negeri Pundung dan empat siswa kelas V SD Negeri Pundung yang berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V merupakan siswa yang memiliki rasa tanggung jawab belajar yang masih kurang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabisahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan (1) sebagai fasilitator, berupa menanggapi pendapat, memberikan perhatian, memberi toleransi kesalahan, kurang mengusahakan sumber belajar; (2) sebagai motivator, berupa memberi konfirmasi tugas dan penghargaan, mengoreksi jawaban, memberitahu aspek nilai, tidak menggunakan sistem hadiah dan hukuman bersifat peringatan, menguasai bahan dan materi pelajaran dan mengembangkannya serta menunjukkan sikap terpuji; (4) sebagai mediator, berupa memiliki keterampilan berkomunikasi dan membangun kedekatan hubungan dengan siswa, jarang menggunakan media pembelajaran namun dapat memaksimalkannya ketika menggunakannya; (5) sebagai evaluator berupa menilai kemampuan siswa sesuai tujuan pembelajaran dan memberikan tindak lanjut dengan evaluasi serta sekilas mengulang materi, namun tidak melangsungkan remidi dan pengayaan. Kata kunci: peran guru, tanggung jawab belajar ID - UNY84709 TI - ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS V SD N PUNDUNG PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi ER -