TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi TI - KESESUAIAN PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI KROGOWANAN ID - UNY84708 N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi, belum terlaksananya evaluasi program pembelajaran secara menyeluruh selama pelaksanaan kurikulum merdeka di SD Negeri Krogowanan. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kesesuaian program pembelajaran pada kurikulum merdeka di SD Negeri Krogowanan. Sekaligus, sebagai pertimbangan untuk pengembangan dan penyempurnaan pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode evaluasi dilaksanakan dengan membandingkan standar program pembelajaran dengan keadaan di lapangan. Pada aspek context, membandingkan kesesuaian modul ajar dan perangkat pembelajaran. Pada aspek input, membandingkan kesesuaian pada sumber daya manusia dan sarana prasarana. Pada aspek process, membandingkan kesesuaian pada pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan penilaian, dan aktivitas siswa. Pada aspek product, membandingkan kesesuaian hasil belajar. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan campuran. Pengambilan data di lapangan dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil evaluasi pada penelitian ini yaitu kesesuaian pelaksanaan program pembelajaran kurikulum merdeka di SD Negeri Krogowanan mencapai 85% sehingga dikategorikan sangat sesuai. Ketidaksesuaian sebesar 15% karena masih terdapat beberapa ketidaksesuaian pada aspek context, input, process, dan product. Beberapa diantaranya, terdapat ketidaksesuaian dengan standar pada komponen modul ajar, pelaksanaan pembelajaran dengan berdiferensiasi, serta sarana dan prasarana. Kata kunci : CIPP, kesesuaian, kurikulum merdeka Y1 - 2024/12/16/ A1 - Katri, Anggita Manon M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/84708/ AV - restricted ER -