eprintid: 84693 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/46/93 datestamp: 2024-12-16 03:29:30 lastmod: 2024-12-16 03:29:30 status_changed: 2024-12-16 03:29:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Listiyana, Asmi title: ANALISIS PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR BERBASIS INKLUSI SD NEGERI TAMANSARI 1 ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Gerakan Literasi Sekolah di sekolah dasar berbasis inklusi SD Negeri Tamansari 1, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi gerakan literasi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tamansari 1. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, pustakawan, guru pendamping khusus (GPK), guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Sldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri Tamansari 1 dilakukan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan gerakan literasi sekolah dilakukan melalui penetapan waktu, pembidikan target, penyusunan tujuan, persiapan kebutuhan, dan penyusunan jadwal program literasi. Pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SD Negeri Tamansari 1 dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Dalam menjalankan program literasi terdapat berbagai bentuk penyesuaian yang dilakukan guna dapat memfasilitasi kegiatan literasi bagi siswa berkebutuhan khusus. Evaluasi gerakan literasi sekolah dilakukan melalui penilaian hasil literasi, monitoring program, penggalian faktor pendukung dan faktor penghambat, penyelesaian hambatan dengan berbagai solusi, serta penentuan rencana tindak lanjut program literasi. Kata kunci: gerakan literasi sekolah, sekolah inklusi date: 2024-12-16 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Listiyana, Asmi (2024) ANALISIS PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR BERBASIS INKLUSI SD NEGERI TAMANSARI 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84693/1/ASMI%20LISTIYANA_20108241049.pdf