TY  - THES
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), (2) kendala dan solusi pada pelaksanaan P5, (3) analisis pelaksanaan P5 dalam menguatkan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V di SD Negeri Tamansari 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan P5 dilaksanakan melalui tahap perencanaan, meliputi membentuk tim fasilitator projek, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, merancang dimensi, tema, alokasi waktu projek, serta merancang strategi pelaporan hasil projek. Tahap pelaksanaan melalui pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi, dan tindak lanjut. Tahap evaluasi dilakukan dengan pengolahan asesmen dan portofolio ke dalam rapor projek serta refleksi antara pendidik, tim fasilitator, dan kepala satuan pendidikan, (2) kendala dan solusi pada pelaksanaan P5. Kendala yang dihadapi, meliputi tingkat kekonsistenan peserta didik dan pendidik dalam melaksanakan tugas serta keberadaan peserta didik berkebutuhan khusus. Solusi yang dilakukan, yaitu menumbuhkan kesadaran dalam diri akan pentingnya pemilahan sampah maupun pengolahan sampah melalui pemberian edukasi dan motivasi serta menjalin kolaborasi yang baik antara peserta didik, pendidik, dan karyawan, (3) pelaksanaan P5 mampu menguatkan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPS kelas V.

Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, karakter peduli lingkungan, dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
AV  - restricted
TI  - PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI TAMANSARI 1 KOTA YOGYAKARTA (STUDI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V)
A1  - Alam, Amalia Nur
M1  - skripsi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/84690/
Y1  - 2024/12/16/
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
ID  - UNY84690
ER  -