relation: http://eprints.uny.ac.id/84687/
title: NILAI GOTONG ROYONG TEMA HIDUP BERKELANJUTAN DAN KEARIFAN LOKAL DI SD NEGERI KARANGJATI, BANTUL
creator: Maisaroh, Lina
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai nilai gotong royong tema hidup berkelanjutan dan kearifan lokal. Penelitian ini akan membahas mengenai nilai-nilai dimensi bergotong royong pada penerapan P5 di SD Negeri Karangjati.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu koordinator tim fasilitator, fasilitator kelas rendah, fasilitator kelas tinggi, guru mata pelajaran, perwakilan siswa kelas rendah dan kelas tinggi, serta perwakilan wali murid. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan  dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan.   Hasil penelitian di SD Negeri Karangjati menunjukkan bahwa nilai bergotong royong meliputi elemen kolaborasi, kepedulian dan berbagi. Sub elemen kerjasama berupa antusias dan semangat siswa, sub elemen komunikasi berupa sikap terbuka dan tanggungjawab siswa serta sikap keberanian siswa, sub elemen saling ketergantungan positif berupa sikap pantang menyerah dan menurunkan ego siswa  serta kompak dalam kebersamaan antarsiswa, sub elemen koordinasi sosial berupa sikap kooperatif siswa dalam bekerjasama, sub elemen tanggap terhadap lingkungan sosial berupa sikap peka dan saling membnatu, sub elemen persepsi sosial berupa terbuka terhadap respon orang lain dan menerima bantuan, serta sub elemen berbagi berupa sikap peduli dan saling membutuhkan.    Kata Kunci : nilai gotong royong, tema hidup berkelanjutan dan kearifan lokal, penerapan P5.
date: 2024-12-16
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/84687/1/Lina%20Maisaroh_20108241031.pdf
identifier:   Maisaroh, Lina  (2024) NILAI GOTONG ROYONG TEMA HIDUP BERKELANJUTAN DAN KEARIFAN LOKAL DI SD NEGERI KARANGJATI, BANTUL.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.