eprintid: 84686 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/46/86 datestamp: 2024-12-16 02:51:46 lastmod: 2024-12-16 02:51:46 status_changed: 2024-12-16 02:51:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Windari, Nanda title: ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SD NEGERI KEPUHAN KAPANEWON SEWON KABUPATEN BANTUL ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD Negeri Kepuhan Kapanewon Sewon Kabupaten Bantul. Penelitian ini difokuskan pada strategi pelaksanaan diferensiasi konten, proses, produk dalam penerapan pembelajaran berdiferensisi di SD Negeri Kepuhan Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Terdapat sembilan subjek dalam penelitian yaitu empat guru kelas, empat siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Teknis Analisis data menggunakan Miles, Huberman & Saldana dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi faktor pendukung dan penghambat. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di SD Negeri Kepuhan Sewon menggunakan kurikulum dari hasil kolaborasi dari berbagai pihak yang berfokus meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dipilih guru menyesuaikan dengan pemetaan kebutuhan belajar siswa, ruang lingkup materi, dan tujuan pembelajaran. Evaluasi yang dilaksanakan menggunakan beragam jenis asesmen untuk memantau kemajuan belajar siswa meliputi asesmen diagnostik sebelum pembelajaran dimulai, asesmen formatif selama proses pembelajaran, dan asesmen sumatif untuk mengevaluasi pemahaman akhir siswa. Faktor pendukung dalam pembelajaran berdiferensiasi yaitu banyak guru telah mengimplementasikan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, yang mengakomodasi perbedaan kebutuhan belajar siswa melalui pengaturan kelas dan metode pengajaran yang berbeda-beda. Faktor penghambat yaitu terdapat tantangan dalam mengelola kondisi kelas yang tidak kondusif. Beberapa kelas mengalami masalah dengan perilaku siswa yang kurang fokus atau jalan-jalan selama pembelajaran. Kata kunci : pembelajaran berdiferensiasi, strategi berdiferensiasi date: 2024-12-16 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Windari, Nanda (2024) ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SD NEGERI KEPUHAN KAPANEWON SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84686/1/Nanda%20Windari_20108241003_FULL%20SKRIPSI.pdf