eprintid: 84685 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/46/85 datestamp: 2024-12-16 02:49:07 lastmod: 2024-12-16 02:49:07 status_changed: 2024-12-16 02:49:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mardiani, Tisca title: PENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN TLOGOADI MLATI SLEMAN ispublished: pub subjects: pssd_pgsd subjects: sos_kewarganegaraan divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini mengkaji mengenai rendahnya Profil Pelajar Pancasila dimensi Berkebinekaan Global peserta didik dalam mata Pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri Tlogoadi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses peningkatan Profil Pelajar Pancasila dimensi berkebinekaan global melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri Tlogoadi. Rendahnya Profil Pelajar Pancasila dimensi Berkebinekaan Global peserta didik dibuktikan dengan observasi yang dilakukan peneliti di SD Negeri Tlogoadi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Tlogoadi yang terdiri dari 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila dimensi Berkebinekaan Global peserta didik kelas IV SD Negeri Tlogoadi dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Hal tersebut dibuktikan dengan presentase Profil Pelajar Pancasila dimensi Berkebinekaan Global peserta didik yang tuntas atau memenuhi kriteria keberhasilan dengan kriteria baik meningkat dari pra siklus 10,71%, siklus I 50%, dan siklus II 82,14%. Model pembelajaran membuat peserta didik lebih interaktif dalam pembelajaran. Saran bagi guru dan peneliti adalah dapat lebih mengembangkan waktu dalam menerapkab model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Berkebinekaan Global, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share date: 2024-12-16 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Mardiani, Tisca (2024) PENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN TLOGOADI MLATI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84685/1/TAS_TISCA%20MARDIANI_20108241029.pdf