<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN TLOGOADI MLATI SLEMAN"^^ . "Penelitian ini mengkaji mengenai rendahnya Profil Pelajar Pancasila dimensi Berkebinekaan Global peserta didik dalam mata Pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri Tlogoadi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses peningkatan Profil Pelajar Pancasila dimensi berkebinekaan global melalui model\r\npembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri Tlogoadi. Rendahnya Profil Pelajar Pancasila dimensi Berkebinekaan Global peserta didik dibuktikan dengan observasi yang dilakukan peneliti di SD Negeri Tlogoadi.\r\nPenelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Tlogoadi yang terdiri dari 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila dimensi Berkebinekaan Global peserta didik kelas IV SD Negeri Tlogoadi dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Hal tersebut dibuktikan dengan presentase Profil Pelajar Pancasila dimensi Berkebinekaan Global peserta didik yang tuntas atau memenuhi kriteria keberhasilan dengan kriteria baik meningkat dari pra siklus 10,71%, siklus I 50%, dan siklus II 82,14%. Model\r\npembelajaran membuat peserta didik lebih interaktif dalam pembelajaran. Saran bagi guru dan peneliti adalah dapat lebih mengembangkan waktu dalam menerapkab model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).\r\n\r\nKata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Berkebinekaan Global, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share"^^ . "2024-12-16" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Tisca"^^ . "Mardiani"^^ . "Tisca Mardiani"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN TLOGOADI MLATI SLEMAN (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN TLOGOADI MLATI SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN TLOGOADI MLATI SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN TLOGOADI MLATI SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN TLOGOADI MLATI SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN TLOGOADI MLATI SLEMAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #84685 \n\nPENINGKATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL \nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN TLOGOADI MLATI SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . . . "Kewarganegaraan dan Hukum" . .