eprintid: 84604 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/46/04 datestamp: 2024-12-04 09:01:18 lastmod: 2024-12-04 09:01:18 status_changed: 2024-12-04 09:01:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ariani, Eka Amanda title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOREJO PROGRAM UNGGULAN ispublished: pub subjects: E1 subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Wonorejo Program Unggulan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC). Karena berdasarkan hasil observasi keterampilan membaca pemahaman di SD Muhammadiyah Wonorejo Program Unggulan masih sangat rendah Jenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan selama 2 pertemuan. Lokasi penelitian yang digunakan yaitu SD Muhammadiyah Wonorejo Program Unggulan dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 17. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes kemampuan membaca pemahaman, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaan Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Wonorejo Program Unggulan. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman di SD Muhammadiyah Wonorejo Program Unggulan peserta didik didukung juga oleh peran guru dan keterlibatan peserta didik dalam bekerja sama dengan kelompok. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman peserta didik ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai tes keterampilan membaca pemahaman peserta didik pada kegiatan pratindakan sebesar 63.33 meningkat pada silus 1 yaitu sebesar 75.77 dan meningkat lagi pada siklus 2 sebesar 82.02 peserta didik. Kata kunci : Membaca pemahaman, model pembelajaran cooperative integrated reading and compotition date: 2024-12-04 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Ariani, Eka Amanda (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOREJO PROGRAM UNGGULAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84604/1/Eka%20Amanda%20Ariani.pdf