<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOREJO PROGRAM UNGGULAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca\r\npemahaman peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Wonorejo Program\r\nUnggulan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and\r\nCompotition (CIRC). Karena berdasarkan hasil observasi keterampilan membaca\r\npemahaman di SD Muhammadiyah Wonorejo Program Unggulan masih sangat\r\nrendah\r\nJenis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas\r\n(PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tiga tahapan\r\nyaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini dilakukan\r\ndengan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan selama 2 pertemuan. Lokasi penelitian\r\nyang digunakan yaitu SD Muhammadiyah Wonorejo Program Unggulan dengan\r\nsubjek penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 17. Teknik pengumpulan\r\ndata yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes kemampuan membaca\r\npemahaman, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini\r\nmenggunakan teknik analisis data kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian\r\ndata, dan penarikan kesimpulan\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaan\r\nCooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) dapat meningkatkan\r\nketerampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah\r\nWonorejo Program Unggulan. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman di\r\nSD Muhammadiyah Wonorejo Program Unggulan peserta didik didukung juga oleh\r\nperan guru dan keterlibatan peserta didik dalam bekerja sama dengan kelompok.\r\nPeningkatan keterampilan membaca pemahaman peserta didik ditunjukkan dengan\r\nadanya peningkatan rata-rata nilai tes keterampilan membaca pemahaman peserta\r\ndidik pada kegiatan pratindakan sebesar 63.33 meningkat pada silus 1 yaitu sebesar\r\n75.77 dan meningkat lagi pada siklus 2 sebesar 82.02 peserta didik.\r\n\r\nKata kunci : Membaca pemahaman, model pembelajaran cooperative integrated\r\nreading and compotition"^^ . "2024-12-04" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^ . . . . . . . . . "Eka Amanda"^^ . "Ariani"^^ . "Eka Amanda Ariani"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOREJO PROGRAM UNGGULAN (Text)"^^ . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOREJO PROGRAM UNGGULAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOREJO PROGRAM UNGGULAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOREJO PROGRAM UNGGULAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOREJO PROGRAM UNGGULAN (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOREJO PROGRAM UNGGULAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #84604 \n\nPENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH WONOREJO PROGRAM UNGGULAN\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .