TY  - THES
AV  - restricted
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran
JEKERDA (Jenga Keragaman Budaya) yang layak digunakan untuk meningkatkan
hasil belajar dan penguatan karakter toleransi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Media
pembelajaran ini berisikan materi keragaman budaya Indonesia yang disertai
dengan penguatan karkater toleransi.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan
menggunakan model ADDIE. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan empat dari
lima tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan
(development), implementasi (implementation). Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan wawancara. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media, JEKERDA
dinyatakan telah layak untuk digunakan. Hasil validasi materi memperoleh rata-rata
4,3 yang termasuk pada kategori ?sangat layak? dan hasil validasi media
memperoleh rata-rata 4,3 yang termasuk pada kategori ?sangat layak?. Berdasarkan
hasil angket respon siswa dan guru, JEKERDA dinyatakan praktis untuk
digunakan. Pada uji coba perorangan, media mendapatkan kategori ?sangat layak?
dengan persentase 94.44%, sedangkan pada uji coba kelompok kecil mendapatkan
kategori ?sangat layak? dengan persentase 97.69%. Pada angket respon guru, media
memperoleh rata-rata sebesar 4,8 dan mendapatkan kategori ?sangat layak?. Secara
keseluruhan, media ini sudah dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa dan menguatkan karakter toleransi siswa kelas IV sekolah dasar.

Kata kunci : media, hasil belajar, karakter toleransi, keragaman budaya
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/84603/
M1  - skripsi
Y1  - 2024/12/04/
A1  - Hanifa, Nur?aini Salma
TI  - PENGEMBANGAN MEDIA JEKERDA (JENGA KERAGAMAN BUDAYA) BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BOROKULON
ID  - UNY84603
ER  -