TY - THES AV - restricted N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran JEKERDA (Jenga Keragaman Budaya) yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan penguatan karakter toleransi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Media pembelajaran ini berisikan materi keragaman budaya Indonesia yang disertai dengan penguatan karkater toleransi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan empat dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media, JEKERDA dinyatakan telah layak untuk digunakan. Hasil validasi materi memperoleh rata-rata 4,3 yang termasuk pada kategori ?sangat layak? dan hasil validasi media memperoleh rata-rata 4,3 yang termasuk pada kategori ?sangat layak?. Berdasarkan hasil angket respon siswa dan guru, JEKERDA dinyatakan praktis untuk digunakan. Pada uji coba perorangan, media mendapatkan kategori ?sangat layak? dengan persentase 94.44%, sedangkan pada uji coba kelompok kecil mendapatkan kategori ?sangat layak? dengan persentase 97.69%. Pada angket respon guru, media memperoleh rata-rata sebesar 4,8 dan mendapatkan kategori ?sangat layak?. Secara keseluruhan, media ini sudah dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan menguatkan karakter toleransi siswa kelas IV sekolah dasar. Kata kunci : media, hasil belajar, karakter toleransi, keragaman budaya PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UR - http://eprints.uny.ac.id/84603/ M1 - skripsi Y1 - 2024/12/04/ A1 - Hanifa, Nur?aini Salma TI - PENGEMBANGAN MEDIA JEKERDA (JENGA KERAGAMAN BUDAYA) BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BOROKULON ID - UNY84603 ER -