TY  - THES
ID  - UNY84601
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
M1  - skripsi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/84601/
Y1  - 2024/12/03/
TI  - PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL OLEH SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MAESAN
A1  - Martuti, Herlin
AV  - restricted
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial
oleh siswa kelas V di SD Muhammadiyah Maesan. Pemetaan pemanfaatan media
sosial dilihat dari aspek bentuk media sosial, subjek (seseorang) yang berhubungan
dengan siswa di media sosial, serta pemanfaatan media sosial oleh siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Maesan, objek penelitian
ini adalah pemanfaatan media sosial oleh siswa dengan narasumber penelitian yaitu
siswa dan guru wali kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, kuesioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
meliputi redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji
keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Bentuk media
sosial yang digunakan oleh siswa sekolah dasar dengan jumlah 17 siswa dipaparkan
dengan hasil persentase sebagai berikut. Wikipedia (76%), Facebook dan X (35%),
YouTube dan Tiktok (100%), Instagram (29%), WhatsApp (100%), Free Fire
(71%), Mobile Legends (35%), PUBG (24%), Sakura (59%). Beberapa siswa juga
menggunakan dan mengakses aplikasi lain seperti Shopee, Lita, Avatar World,
Honor of King, Pinterest, Ludo, dan Minecraft. (2) Siswa berinteraksi melalui
media sosial dengan orang tua, kerabat, dan teman melalui platform WhatsApp dan
Instagram. Selain itu, siswa juga berinteraksi dengan teman secara virtual (teman
bermain game) melalui Free Fire, Mobile Legends, serta PUBG. (3) Pengaksesan
wikipedia untuk mencari kartun favorit siswa, serta ajang pencarian bakat di
televisi. Pengaksesan YouTube dan Tik Tok untuk melihat konten mengenai game
Free Fire, trend bus basuri dan bus telolet, tutorial memasak, serta menonton Upin
Ipin dari content creator yang mereka minati. Pengaksesan instagram untuk
mengupload foto dan video yang mereka miliki serta WhatsApp untuk
berkomunikasi dan bertukar informasi serta memiliki grup baru dengan orangtua,
kerabat, serta teman secara virtual. Pengaksesan game Free Fire, Mobile Legends,
Sakura , PUBG, Roblox, serta Minecraft untuk bermain. (4) Pemanfaatan media
sosial yang kurang baik yang dirasakan oleh wali kelas siswa yakni, bullying verbal
kepada sesama siswa, kecanduan bermain game Free Fire, serta siswa yang
berpacaran dengan siswa lain.

Kata kunci: Media Sosial, Siswa Sekolah Dasar
ER  -