relation: http://eprints.uny.ac.id/84601/
title: PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL OLEH SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MAESAN
creator: Martuti, Herlin
subject: Media Pendidikan
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial  oleh siswa kelas V di SD Muhammadiyah Maesan. Pemetaan pemanfaatan media  sosial dilihat dari aspek bentuk media sosial, subjek (seseorang) yang berhubungan  dengan siswa di media sosial, serta pemanfaatan media sosial oleh siswa.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Maesan, objek penelitian  ini adalah pemanfaatan media sosial oleh siswa dengan narasumber penelitian yaitu  siswa dan guru wali kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu  observasi, kuesioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data  meliputi redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji  keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Bentuk media  sosial yang digunakan oleh siswa sekolah dasar dengan jumlah 17 siswa dipaparkan  dengan hasil persentase sebagai berikut. Wikipedia (76%), Facebook dan X (35%),  YouTube dan Tiktok (100%), Instagram (29%), WhatsApp (100%), Free Fire  (71%), Mobile Legends (35%), PUBG (24%), Sakura (59%). Beberapa siswa juga  menggunakan dan mengakses aplikasi lain seperti Shopee, Lita, Avatar World,  Honor of King, Pinterest, Ludo, dan Minecraft. (2) Siswa berinteraksi melalui  media sosial dengan orang tua, kerabat, dan teman melalui platform WhatsApp dan  Instagram. Selain itu, siswa juga berinteraksi dengan teman secara virtual (teman  bermain game) melalui Free Fire, Mobile Legends, serta PUBG. (3) Pengaksesan  wikipedia untuk mencari kartun favorit siswa, serta ajang pencarian bakat di  televisi. Pengaksesan YouTube dan Tik Tok untuk melihat konten mengenai game  Free Fire, trend bus basuri dan bus telolet, tutorial memasak, serta menonton Upin  Ipin dari content creator yang mereka minati. Pengaksesan instagram untuk  mengupload foto dan video yang mereka miliki serta WhatsApp untuk  berkomunikasi dan bertukar informasi serta memiliki grup baru dengan orangtua,  kerabat, serta teman secara virtual. Pengaksesan game Free Fire, Mobile Legends,  Sakura , PUBG, Roblox, serta Minecraft untuk bermain. (4) Pemanfaatan media  sosial yang kurang baik yang dirasakan oleh wali kelas siswa yakni, bullying verbal  kepada sesama siswa, kecanduan bermain game Free Fire, serta siswa yang  berpacaran dengan siswa lain.    Kata kunci: Media Sosial, Siswa Sekolah Dasar
date: 2024-12-03
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/84601/1/Skripsi%20Full_Herlin%20Martuti_20108244070_PGSD.pdf
identifier:   Martuti, Herlin  (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL OLEH SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MAESAN.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.