eprintid: 84595 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/45/95 datestamp: 2024-12-03 08:47:59 lastmod: 2024-12-03 08:47:59 status_changed: 2024-12-03 08:47:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arifah, Andini Oktavia Nur title: PENINGKATAN KARAKTER TOLERANSI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GULON 4 MAGELANG ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan karakter toleransi peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif. tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada peserta didik kelas V SD Negeri Gulon 4, Gulon, Salam, Magelang pada mata pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas V SDN Gulon 4 Magelang yang berjumlah 23 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumetasi, dan kuesioner. Instrumen berupa lembar observasi karakter toleransi peserta didik dan lembar aktivitas guru serta peserta didik dalam penerapan pembelajaran menggunakan model STAD. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan untuk meningkatkan karakter toleransi peserta didik adalah sebanyak 80% dari jumlah peserta didik mencapai kriteria ketuntasan dengan skor ≥80. Tindakan peningkatan karakter toleransi peserta didik dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan penerapan model STAD untuk tindakan guru pada siklus I adalah 73% dan siklus II 96%. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan penerapan model STAD untuk tindakan peserta didik pada siklus I adalah 67,5% dan siklus II 92,5%. Adapun ketuntasan peserta didik untuk karakter toleransi peserta didik pada siklus I adalah 48% dan 87%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakter toleransi peserta didik kelas V SDN Gulon 4 Magelang dapat ditingkatkan melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD). Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan karakter toleransi peserta didik di kelas V SDN Gulon 4 Magelang. Kata kunci: Karakter Toleransi, Pembelajaran Kooperatif, STAD. date: 2024-12-03 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Arifah, Andini Oktavia Nur (2024) PENINGKATAN KARAKTER TOLERANSI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GULON 4 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84595/1/REVISI_SIDANG_andini.pdf