TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi TI - PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SD NEGERI PERCOBAAN II KAPANEWON DEPOK KABUPATEN SLEMAN Y1 - 2024/12/03/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi SD Negeri Percobaan II. Penelitian ini mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan subjek penelitian yaitu SD Negeri Percobaan II dengan melibatkan peserta didik, kepala sekolah, guru, dan petugas perpustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputireduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakna triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) SD Negeri Percobaan II telah melaksanakan dua tahapan Gerakan Literasi Sekolah yaitu, a) tahap pembiasaan, pelaksanaan GLS telah terdapat lembar literasi, kegiatan 15 menit membaca di awal pembelajaran, adanya bahan kaya teks di kelas, tersedia perpustakaan, pojok baca kelas yang menarik, poster kampanye membaca sebagai dukungan literasi, b) tahap pengembangan, telah terdapat kegiatan 15 menit membaca di awal pembelajaran, tersedia koleksi buku pengayaan yang bervariasi, kegiatan menanggapi bacaan, kegiatan mengapresiasi capaian literasi peserta didik serta terdapat susunan TLS dan salah satu guru kelas 6 menjadi anggotanya. 2) faktor pendukung internal yakni antusias dan minat peserta didik, faktor pendukung eksternal meliputi ketersediaan fasilitas, kreativitas guru dalam literasi, kerjasama dengan orang tua, dan program apresiasi literasi. Faktor penghambat internal yaitu minat membaca peserta didik yang belum konsisten dan berbeda, faktor eksternal meliputi kelas yang kurang kondusif, keterbatasan waktu, kreativitas guru yang berbeda, dan belum adanya pertemuan intens TLS. Kata kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, SD Negeri Percobaan II ID - UNY84592 A1 - Rahmadhanny, Maeysia Aulia UR - http://eprints.uny.ac.id/84592/ M1 - skripsi AV - restricted ER -