eprintid: 84583 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/45/83 datestamp: 2024-12-03 01:48:25 lastmod: 2024-12-03 01:48:25 status_changed: 2024-12-03 01:48:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MAHADINI, NAJWA title: PERAN MEMORI KERJA (WORKING MEMORY) TERHADAP HUBUNGAN KOMPUTASI MENTAL DAN PERFORMA LITERASI NUMERASI PADA SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: F4 subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komputasi mental terhadap performa literasi numerasi pada siswa kelas tinggi. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui peran memori kerja terhadap hubungan komputasi mental dan performa literasi numerasi pada siswa kelas tinggi di Kabupaten Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei cross-sectional karena pengaruh antarvariabel penelitian terjadi pada titik waktu tertentu. Populasi penelitian adalah siswa kelas tinggi di Kabupaten Bantul. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling. Teknik ini dilakukan berdasarkan ketersediaan dan kemudahannya dengan mengikutsertakan semua siswa kelas IV dan V yang hadir ke sekolah sebagai responden. Pengambilan data dilakukan melalui pengerjaan soal tes yang terdiri atas tiga subtes yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya dan layak digunakan sebagai instrumen penelitian. Pengujian validitas dilakukan melalui uji validitas muka (face validity) dan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linear sederhana, dan analisis mediasi dan moderasi menggunakan macro-PROCESS SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komputasi mental berpengaruh terhadap performa literasi numerasi secara langsung. Sementara itu, memori kerja tidak dapat memediasi, tetapi mampu memoderasi hubungan komputasi mental dan performa literasi numerasi dengan nilai Int_1 sebesar 0.03 atau < 0.05. Dengan kata lain, semakin tinggi memori kerja, semakin kuat pula pengaruh komputasi mental terhadap performa literasi numerasi. Sebaliknya, semakin rendah memori kerja, semakin lemah pula pengaruh komputasi mental terhadap performa literasi numerasi pada siswa kelas tinggi sekolah dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan dalam meningkatkan performa literasi numerasi dengan pembelajaran berbasis komputasi mental dan memori kerja pada siswa kelas tinggi sekolah dasar. Kata kunci: Komputasi Mental, Memori Kerja, Performa Literasi Numerasi date: 2024-12-03 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: MAHADINI, NAJWA (2024) PERAN MEMORI KERJA (WORKING MEMORY) TERHADAP HUBUNGAN KOMPUTASI MENTAL DAN PERFORMA LITERASI NUMERASI PADA SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84583/1/SKRIPSI_NAJWA%20MAHADINI_PGSD_20108244115.pdf