TY  - THES
AV  - restricted
N2  - Penelitian didasari dengan ditemukannya sikap disiplin belajar peserta didik yang
masih kurang selama kegiatan pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan untuk
meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik menggunakan kesepakatan kelas pada
peserta didik kelas IV SDN Magersari 1 Kota Magelang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian kelas IV SDN Magersari 1 Kota Magelang. Desain penelitian mengacu pada Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa lembar observasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang
telah ditentukan untuk meningkatkan kedisiplinan adalah 75% dari jumlah peserta didik
kelas IV SDN Magersari 1 memperoleh skor kedisiplinan belajar dalam kriteria baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesepakatan kelas dapat meningkatkan
kedisiplinan belajar peserta didik kelas IV SDN Magersari 1. Hal ini ditunjukkan melalui
hasil penelitian kedisiplinan belajar pada siklus I yaitu 42% peserta didik dengan kategori
baik. Kemudian dengan adanya perbaikan pada siklus II, kedisiplinan belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 75%. Artinya, kedisiplinan belajar peserta didik pada siklus II telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75% dari jumlah peserta didik mendapatkan kategori baik.

Kata kunci: Kedisiplinan Belajar, Kesepakatan Kelas
ID  - UNY84573
UR  - http://eprints.uny.ac.id/84573/
M1  - skripsi
Y1  - 2024/12/02/
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
A1  - Putri, Shianindra Rahmani
TI  - PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI KELAS MENGGUNAKAN KESEPAKATAN KELAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN MAGERSARI 1 KOTA MAGELANG
ER  -