TY  - THES
A1  - Safitri, Ade Nanda
TI  - PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD NEGERI BENDUNGAN KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA
UR  - http://eprints.uny.ac.id/84572/
Y1  - 2024/12/02/
M1  - skripsi
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
ID  - UNY84572
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pop- up Book Keberagaman Budaya Indonesia yang layak dan praktis untuk digunakan sebagai pendukung kegiatan pembelajaran untuk menambah pengetahuan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di SD Negeri Bendungan, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan dibataskan pada empat Langkah pengembangan yaitu Analyze (analisis), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Implement (implementasi). Implementasi produk yang telah dikembangkan, dilakukan melalui uji coba kepada subjek yaitu guru dan 20 siswa kelas IV SD Negeri Bendungan dengan rincian subjek uji coba kelompok kecil berjumlah 5 orang siswa dan subjek uji coba kelompok besar berjumlah 15 orang siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan masuk ke kategori ?Sangat Layak? dan ?Sangat Praktis?. Hal ini didasarkan pada hasil validasi ahli materi yang mendapatkan skor persentase 98% (sangat layak), hasil validasi ahli media yang mendapatkan skor persentase akhir 96% (sangat layak), hasil respon guru yang mendapatkan skor persentase 97,33% (sangat praktis), dan hasil uji coba kelompok kecil dan besar siswa yang mendapatkan skor persentase 91,07% (sangat praktis).

Kata Kunci: media pembelajaran, pop-up book, keberagaman budaya Indonesia
AV  - restricted
ER  -