eprintid: 84557 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/45/57 datestamp: 2024-12-02 08:01:20 lastmod: 2024-12-02 08:01:20 status_changed: 2024-12-02 08:01:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Handayani, Mega Setya title: ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V B SDN TAMANSARI 1 ispublished: pub subjects: ipa subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemetaan gaya belajar peserta didik yang dilakukan melalui asesmen diagnostik non kognitif pada pembelajaran IPAS kelas V B SDN Tamansari 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mendapatkan data yang mendalam dan mengandung makna. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – April 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan sumber data 4 peserta didik kelas V B sebagai perwakilan masing-masing gaya belajar. Uji kredibilitas pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi gaya belajar di antara peserta didik, dengan 64% memiliki gaya belajar visual, 12% audiotori, 8% kinestetik, dan 16% kombinasi visual-audiotori. Peserta didik dengan gaya belajar visual menunjukkan pemahaman yang lebih baik saat materi disajikan secara visual, sementara peserta didik audiotori lebih responsif terhadap penjelasan lisan. Peserta didik kinestetik lebih terlibat dalam aktivitas fisik, dan mereka yang memiliki kombinasi visual-audiotori menunjukkan kemampuan yang baik dalam memanfaatkan media visual dan audio secara bersamaan, yang meningkatkan pemahaman mereka. Temuan ini memberikan wawasan tentang pentingnya penyesuaian metode pengajaran yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik guna meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : gaya belajar, asesmen diagnostik, IPAS date: 2024-12-02 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Handayani, Mega Setya (2024) ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V B SDN TAMANSARI 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84557/1/Skripsi_RPL_Mega%20Setya%20Handayani.pdf