eprintid: 84556 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/45/56 datestamp: 2024-12-02 07:59:05 lastmod: 2024-12-02 07:59:05 status_changed: 2024-12-02 07:59:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mas`ud, Azza Ilvana title: PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS V-B SD N TAMANSARI 1 ispublished: pub subjects: ipa subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS kelas V-B SD N Tamansari 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V-B SD N Tamansari 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V-B SD N Tamansari 1 pada mata pelajaran IPAS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah tes dan observasi. Keberhasilan penelitian ditandai dengan rata-rata nilai tes hasil belajar IPAS peserta didik mengalami kenaikan dan memiliki nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75 yakni mencapai ≥75%. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil tes yang terus meningkat setiap siklusnya. Dalam siklus I persentase peserta didik dengan nilai tes yang mencapai KKM sebesar 60% atau setara dengan 15 peserta didik dengan nilai rata-rata 76. Selanjutnya pada siklus II persentase peserta didik dengan nilai tes yang mencapai KKM sebesar 88% atau setara dengan 22 peserta didik dengan nilai rata-rata 88,4. Temuan ini mengindikasikan bahwa dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi telah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tercermin dari hasil tes yang terus meningkat setiap siklusnya. Kata Kunci : pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, IPAS date: 2024-12-02 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Mas`ud, Azza Ilvana (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS V-B SD N TAMANSARI 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84556/1/SKRIPSI%20AZZA%20ILVANA%20MAS%60UD_TERBARU.pdf