TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Y1 - 2024/12/02/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS kelas V-B SD N Tamansari 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V-B SD N Tamansari 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V-B SD N Tamansari 1 pada mata pelajaran IPAS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah tes dan observasi. Keberhasilan penelitian ditandai dengan rata-rata nilai tes hasil belajar IPAS peserta didik mengalami kenaikan dan memiliki nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75 yakni mencapai ?75%. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil tes yang terus meningkat setiap siklusnya. Dalam siklus I persentase peserta didik dengan nilai tes yang mencapai KKM sebesar 60% atau setara dengan 15 peserta didik dengan nilai rata-rata 76. Selanjutnya pada siklus II persentase peserta didik dengan nilai tes yang mencapai KKM sebesar 88% atau setara dengan 22 peserta didik dengan nilai rata-rata 88,4. Temuan ini mengindikasikan bahwa dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi telah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tercermin dari hasil tes yang terus meningkat setiap siklusnya. Kata Kunci : pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, IPAS ID - UNY84556 TI - PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS KELAS V-B SD N TAMANSARI 1 AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/84556/ M1 - skripsi A1 - Mas`ud, Azza Ilvana ER -