eprintid: 84555 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/45/55 datestamp: 2024-12-02 07:55:54 lastmod: 2024-12-02 07:55:54 status_changed: 2024-12-02 07:55:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurhidayah, Wilujeng Ike title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BUKU CERITA ANAK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 SOKOMOYO ispublished: pub subjects: E1 subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media buku cerita anak pada siswa kelas II SD Negeri 2 Sokomoyo. Dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri 2 Sokomoyo berjumlah 25 siswa. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi yang berlangsung selama dua siklus. Pengumpulan data melalui observasi, tes unjuk kerja, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini ditunjukan apabila siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 mencapai 75% dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan membaca permulaan melalui media buku cerita anak pada siswa kelas II SD Negeri 2 Sokomoyo mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I memperoleh nilai 60 dan meningkat pada siklus II menjadi 80. Peningkatan keterampilan membaca juga ditunjukan melalui tes unjuk kerja membaca yang mengalami peningkatan pada tiap indikatornya. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 61,88 dan meningkat menjadi 80,08 pada siklus II. Adapun persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 48% dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku cerita anak dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 2 Sokomoyo. Kata Kunci: keterampilan membaca permulaan, buku cerita anak, sekolah dasar date: 2024-12-02 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Nurhidayah, Wilujeng Ike (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BUKU CERITA ANAK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 SOKOMOYO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84555/1/Wilujeng%20Ike%20Nurhidayah_Tugas%20Akhir%20Skripsi_21108241140.pdf