TY  - THES
AV  - restricted
N2  - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SDN Terban pada muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Keaktifan siswa ditingkatkan dengan model pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan
yaitu Model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT).
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang tindakannya dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada penelitian tindakan kelas dibagi menjadi 3 tahapan yaitu perencanaan (plan), tindakan (action) dan observasi (observe), serta refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. 
Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa kelas V melalui model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPAS. Penggunaan model NHT dalam hasil observasi keaktifan yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I menunjukan 71,67% dan nilai unjuk kerja 22,9 dengan kategori cukup. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai kriteria keberhasilan 44% siswa dari total siswa. Sedangkan pada siklus II rata-rata siswa menunjukan 88.79% dan nilai unjuk kerja 27,1 dengan kategori baik. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan 87,5% total siswa.

Kata kunci: Keaktifan Siswa, Numbered Heads Together (NHT).
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
M1  - skripsi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/84554/
Y1  - 2024/12/02/
A1  - Isnaini, Aisyah Salma
TI  - PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MATA PELAJARAN IPAS PADA KELAS V SDN TERBAN
ID  - UNY84554
ER  -