eprintid: 84553 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/45/53 datestamp: 2024-12-02 07:49:27 lastmod: 2024-12-02 07:49:27 status_changed: 2024-12-02 07:49:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Oktaviana, Fani title: PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MEDIA KARTU KARAKTER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEDANGAN I KARANGMOJO ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Negeri Gedangan I Karangmojo melalui media kartu karakter. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada September 2024. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa kelas IV SD Negeri Gedangan I Karangmojo yang terdiri dari 5 siswa laki- laki dan 4 siswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart dan berlangsung selama dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, tes unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya meningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil observasi keterampilan menulis teks deskripsi siswa 61,1% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 72,2% pada siklus II. Hasil tes unjuk kerja juga menunjukkan peningkatan, yaitu rata-rata nilai siswa pada siklus I sebesar 71,5 dan rata-rata nilai siswa pada siklus II sebesar 79,5. Sementara itu, persentase ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan, yakni sebesar 66% pada siklus I, meningkat menjadi 89% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SD Negeri Gedangan I Karangmojo dapat ditingkatkan melalui media kartu karakter. Kata kunci: keterampilan menulis, teks deskripsi, media kartu karakter, sekolah dasar. date: 2024-12-02 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Oktaviana, Fani (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI MEDIA KARTU KARAKTER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEDANGAN I KARANGMOJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84553/1/Fani%20Oktaviana_PGSD_Skripsi%20FInal.pdf