TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/84552/ M1 - skripsi A1 - Lestari, Indah N2 - Kurangnya variasi media pembelajaran Pendidikan Pancasila yang digunakan guru menjadi latar belakang dari pengembangan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media Fun Thinkers Book berbasis literasi dengan materi Keberagaman Budaya di Indonesia yang layak dan praktis digunakan untuk siswa kelas V SD N Putren. Pengembangan media Fun Thinkers Book berbasis literasi menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four-D) yang dibatasi menjadi 3D sehingga hanya tahap Define, Design, and Develop. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Putren yang terdiri dari 24 siswa dan 1 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan penyajian bentuk mean. Hasil kelayakan media Fun Thinker Book ditunjukkan pada hasil validasi ahli materi yang mendapatkan skor rata-rata 4,6 dan hasil validasi ahli media yang memperoleh skor rata-rata 4,67. Sementara itu, hasil kepraktisan media ditunjukkan pada hasil respon pengguna dalam uji coba produk yang memperoleh skor rata-rata 5 pada penilaian respon guru dan pada penilaian respon siswa memperoleh skor rata-rata 4,73. Secara keseluruhan skor yang diperoleh dalam validasi ahli dan penilaian respon penguna termasuk dalam kategori ?sangat layak? dan ?sangat praktis?. Kata Kunci: Media, Fun Thinkers Book, Literasi ID - UNY84552 Y1 - 2024/12/02/ TI - PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BOOK BERBASIS LITERASI UNTUK SISWA KELAS V SD N PUTREN PLERET BANTUL ER -