%D 2024 %L UNY84543 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik melalui penerapan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Studi dilakukan pada peserta didik kelas V SD Negeri Clumprit. Fokus utama penelitian ini adalah menganalisis bagaimana penerapan pembelajaran berbasis STEM dapat meningkatkan aktivitas belajar serta pemahaman literasi sains peserta didik. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart, dilakukan pada semester II tahun ajaran 2023/2024 di SD Negeri Clumprit, Sleman, dengan melibatkan 12 peserta didik sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif untuk mengukur peningkatan literasi sains peserta didik setelah intervensi model pembelajaran STEM. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan literasi sains peserta didik, yang terlihat dari kenaikan rata-rata nilai peserta didik dari siklus I ke siklus II. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis STEM efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik sekolah dasar. Disarankan agar metode pembelajaran STEM ini diterapkan lebih luas di sekolah dasar untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan sains di Indonesia. Kata kunci: Literasi Sains, Pembelajaran STEM, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Dasar. %I Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi %A Neni Aisyah Marindi %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI CLUMPRIT