<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://purl.org/dc/terms/title> "ANALISIS FAKTOR PROBLEM REGULASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA YANG MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ DI SDIT CENDEKIA"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi problem regulasi diri dan kemandirian belajar pada siswa tahfidz di SDIT Cendekia. Faktor-faktor yang dianggap dapat memberikan pengaruh pada permasalahan yang dialami terkait dengan regulasi diri dan kemandirian belajar pada siswa tahfidz.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desain studi kasus. Penentuan subjek secara purposive. Subjek penelitian yaitu siswa, guru kelas, guru Quran, dan kepala sekolah. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian ini diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan regulasi diri siswa tahfidz di SDIT Cendekia rata-rata dalam tingkat sedang ditunjukkan dengan 17,6% atau 12 siswa dengan regulasi diri rendah, 64,7% atau 44 siswa dengan regulasi diri sedang, dan 17,6% atau 12 siswa dengan regulasi tinggi. (2) kemampuan kemandirian belajar siswa tahfidz SDIT Cendekia berada dalam rata-rata sedang ditunjukkan dengan 8,8% atau 6 siswa dengan kemandirian belajar rendah, 79,4% atau 54 siswa dengan kemandirian belajar sedang, dan 11,8% atau 8 siswa dengan kemandirian belajar tinggi. (3) faktor yang mempengaruhi rendahnya regulasi diri secara internal yaitu: rendahnya motivasi yang ditunjukkan dengan ketidakmampuan mengatur waktu dan skala prioritas, tidak adanya tujuan akademik yang ingin dicapai, ketidakmampuan menyesuaikan diri berupa\r\nketidakmampuan untuk mengatasi hambatan dan tantangan, dan kegagalan capaian\r\ndalam pengalaman akademik. Faktor yang mempengaruhi rendahnya regulasi diri\r\nsecara eksternal yaitu: dukungan dan peran dalam lingkungan keluarga, lingkungan\r\nsekolah dan teman sebaya yang tidak mendukun. (4) faktor yang mempengaruhi\r\nrendahnya kemandirian belajar secara internal yaitu: rendahnya motivasi yang ditandai dengan ketidakmampuan mengatur kebutuhan belajar; menentukan tujuan; menentukan strategi pembelajaran yang sesuai; dan ketidakmampuan mengatur\r\naktivitas secara mandiri, kendala pada kondisi fisik, dan kendala kondisi genetik\r\nyang ditunjukkan dengan rendahnya potensi menghafal yang dimiliki siswa. Faktor\r\nyang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar secara eksternal yaitu: sarana\r\ndan prasarana yang tersedia kurang lengkap, metode pembelajaran yang kurang\r\nsesuai dengan gaya belajar siswa.\r\n\r\nKata kunci: regulasi diri, kemandirian belajar, tahfidz"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://purl.org/dc/terms/date> "2024-12-02" . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-99dfe29f8e5f347d48d2df8a3728d4c3> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535#authors> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-99dfe29f8e5f347d48d2df8a3728d4c3> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-99dfe29f8e5f347d48d2df8a3728d4c3> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-99dfe29f8e5f347d48d2df8a3728d4c3> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Lintang Hutami"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-99dfe29f8e5f347d48d2df8a3728d4c3> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Firjatullah"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-99dfe29f8e5f347d48d2df8a3728d4c3> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Lintang Hutami Firjatullah"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "ANALISIS FAKTOR PROBLEM REGULASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA YANG MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ DI SDIT CENDEKIA (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672468> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672468> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672468> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "ANALISIS FAKTOR PROBLEM REGULASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA YANG MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ DI SDIT CENDEKIA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672468> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672468> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672468> <http://eprints.org/relation/islightboxThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672469> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672469> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672469> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "ANALISIS FAKTOR PROBLEM REGULASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA YANG MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ DI SDIT CENDEKIA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672469> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672469> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672469> <http://eprints.org/relation/ispreviewThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672470> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672470> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672470> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "ANALISIS FAKTOR PROBLEM REGULASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA YANG MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ DI SDIT CENDEKIA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672470> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672470> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672470> <http://eprints.org/relation/ismediumThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672471> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672471> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672471> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "ANALISIS FAKTOR PROBLEM REGULASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA YANG MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ DI SDIT CENDEKIA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672471> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672471> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672471> <http://eprints.org/relation/issmallThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672472> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672472> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672472> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "ANALISIS FAKTOR PROBLEM REGULASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA YANG MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ DI SDIT CENDEKIA (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672472> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672472> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672472> <http://eprints.org/relation/isIndexCodesVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671425> . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/84535/> . <http://eprints.uny.ac.id/84535/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #84535 \n\nANALISIS FAKTOR PROBLEM REGULASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA YANG MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ DI SDIT CENDEKIA\n\n" . <http://eprints.uny.ac.id/84535/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" . <http://eprints.uny.ac.id/84535/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> . <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84535> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> .