%A Sugita Sugita %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peranan faktor eksternal yang meliputi peranan orang tua mahasiswa, peranan instruktur klinik, peranan Dinas Kesehatan, dan pemilik tempat praktik dalam pelaksanaan program praktik keterampilan di Akademi Kebidanan Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan eksploratif, yang berarti penelitian ini bermaksud menemukan gejala-gejala atau data yang akan digunakan untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaan program praktik keterampilan. Pengambilan sampel dilakukan pada pengelola praktik 13 orang, instruktur klinik 27 orang dan orang tua mahasiswa sebanyak 70 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling technique. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, angket, dokumentasi dan observasi, dan dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum peran unsur-unsur eksternal (orang tua mahasiswa, instruktur klinik, Dinas Kesehatan, dan pemilik tempat praktik) dalam pelaksanaan program praktik keterampilan di Akademi Kebidanan masih belum memadai. Namun demikian, unsur-unsur eksternal tersebut menyatakan dukungan positif, dan kesiapannya untuk membantu kelangsungan pelaksanaan program praktik keterampilan sesuai dengan kapasitas dan kewenangan yang dimiliki masing-masing. Unsur eksternal yang berperan sangat memadai dalam pelaksanaan program praktik keterampilan adalah pemilik/pengelola tempat praktik. Kurang memadainya peran unsur-unsur eksternal dalam pelaksanaan program praktik keterampilan di Akademi Kebidanan lebih disebabkan oleh belum dioptimalkannya peran unsur eksternal tersebut oleh pihak akademi, sedangkan fungsi manajemen yang diterapkan dalam program praktik keterampilan kebidanan belum optimal. %K faktor eksternal, praktik keterampilan %L UNY8440 %D 2012 %I UNY %T Peranan Faktor Eksternal dalam Pelaksanaan Program Praktek Keterampilan pada Akademi Kebidanan Klaten