TY - THES KW - multimedia KW - gerak tanaman KW - hasil belajar UR - http://eprints.uny.ac.id/8431/ Y1 - 2012/06/30/ PB - UNY A1 - Hartini, Sri ID - UNY8431 TI - Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sains Materi Gerak Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Galur Kulon Progo AV - public M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran sains materi gerak tumbuhan yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Galur Kulon Progo. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan model 3-D meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penilaian produk dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media dan 1 guru. Uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas VIII SMP N 1 Galur Kulon Progo, dengan rincian 3 siswa untuk uji coba satu-satu, 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 30 siswa untuk uji lapangan. Instrumen pengumpulan data adalah lembar angket penilaian untuk ahli media dan materi, lembar observasi, lembar angket tanggapan siswa, dan lembar soal pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dari lembar angket dan lembar observasi dianalisis secara deskriptif. Data hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan gain score yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) multimedia pembelajaran sains hasil pengembangan ditinjau dari aspek materi (meliputi kelayakan materi dan alat evaluasi, kebahasaan, dan penyajian materi) dinilai ?sangat baik? dengan rerata skor 74, ditinjau dari aspek media (meliputi kualitas tampilan, kemudahan pengoperasian, pemilihan aplikasi, dan kehandalan) dinilai ?sangat baik? dengan rerata skor 60,5, 2) tanggapan siswa terhadap multimedia pembelajaran sains hasil pengembangan yang meliputi (a) siswa setuju bahwa multimedia hasil pengembangan memiliki kualitas tampilan yang baik, ketepatan pemilihan aplikasi yang tepat dan multimedia mudah dioperasikan, (b) siswa setuju bahwa materi yang disajikan dalam multimeda hasil pengembangan mudah dipahami, (c) multimedia pembelajaran hasil pengembangan dapat dijadikan sumber belajar mandiri, (d) multimedia pembelajaran hasil pengembangan dapat meningkatkan minat belajar, 3) terjadi peningkatan hasil belajar kategori tinggi dengan rerata skor gain sebesar 0,71, dan 4) terjadi peningkatan 80% jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran sains materi gerak tumbuhan hasil pengembangan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Galur. ER -