eprintid: 84258
rev_number: 8
eprint_status: archive
userid: 1233
dir: disk0/00/08/42/58
datestamp: 2024-11-13 01:49:16
lastmod: 2024-11-13 01:49:16
status_changed: 2024-11-13 01:49:16
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Permadani, Ayu
title: PENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA
KELAS I SD NEGERI PRAMBANAN
ispublished: pub
subjects: media_pend
subjects: pssd_pgsd
divisions: fip_pgsd
full_text_status: restricted
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media
pembelajaran kartu aktivitas alfabet yang layak, praktis, dan efektif digunakan pada
siswa kelas I sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan
menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, analysis (analisis),
design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan
evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, angket, dan tes. Angket yang digunakan untuk validasi materi, validasi
media, validasi bahasa, respon guru dan respon siswa dengan menggunakan lima
skala berpedoman pada Skala Likert. Tes yang digunakan untuk siswa
menggunakan pre test dan post test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media kartu aktivitas alfabet dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Kelayakan media pembelajaran diperoleh dari hasil validasi materi yang memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan klasifikasi “Baik” dan kategori “Layak”. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan klasifikasi “Baik” dan kategori “Layak”. Hasil validasi bahasa memperoleh skor rata-rata 4,1 dengan klasifikasi “Baik” dan kategori “Layak”. Kepraktisan
media pembelajaran dinilai dari hasil respon siswa yang mendapatkan skor rata-rata
98,9% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil penilaian guru memperoleh skor
rata-rata 4,63 dengan klasifikasi “Sangat baik” dan kategori “Praktis”. Media Kartu
Aktivitas Alfabet ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca
permulaan. Hal tersebut dibuktikan dengan uji efektifitas menggunakan nilai pre
test dan post test menggunakan rumus N-Gain dan memperoleh presentase sebesar
65% dengan klasifikai “Sedang” dan kategori “Cukup efektif” pada aspek
keterampilan dan memeproleh presentase sebesar 73,3% dengan klasifikasi
“Tinggi” dan kategori “Cukup efektif” pada aspek kognitif.
Kata Kunci: Kartu Aktivitas Alfabet, Kemampuan Membaca Permulaan,
Pengembangan Media
date: 2024-11-13
date_type: published
institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
department: PGSD
thesis_type: skripsi
citation:   Permadani, Ayu  (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI PRAMBANAN.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/84258/1/SKRIPSI_AYU%20PERMADANI%20_YUDISIUM.pdf