eprintid: 84258 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/08/42/58 datestamp: 2024-11-13 01:49:16 lastmod: 2024-11-13 01:49:16 status_changed: 2024-11-13 01:49:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Permadani, Ayu title: PENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI PRAMBANAN ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran kartu aktivitas alfabet yang layak, praktis, dan efektif digunakan pada siswa kelas I sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Angket yang digunakan untuk validasi materi, validasi media, validasi bahasa, respon guru dan respon siswa dengan menggunakan lima skala berpedoman pada Skala Likert. Tes yang digunakan untuk siswa menggunakan pre test dan post test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media kartu aktivitas alfabet dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Kelayakan media pembelajaran diperoleh dari hasil validasi materi yang memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan klasifikasi “Baik” dan kategori “Layak”. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan klasifikasi “Baik” dan kategori “Layak”. Hasil validasi bahasa memperoleh skor rata-rata 4,1 dengan klasifikasi “Baik” dan kategori “Layak”. Kepraktisan media pembelajaran dinilai dari hasil respon siswa yang mendapatkan skor rata-rata 98,9% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil penilaian guru memperoleh skor rata-rata 4,63 dengan klasifikasi “Sangat baik” dan kategori “Praktis”. Media Kartu Aktivitas Alfabet ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hal tersebut dibuktikan dengan uji efektifitas menggunakan nilai pre test dan post test menggunakan rumus N-Gain dan memperoleh presentase sebesar 65% dengan klasifikai “Sedang” dan kategori “Cukup efektif” pada aspek keterampilan dan memeproleh presentase sebesar 73,3% dengan klasifikasi “Tinggi” dan kategori “Cukup efektif” pada aspek kognitif. Kata Kunci: Kartu Aktivitas Alfabet, Kemampuan Membaca Permulaan, Pengembangan Media date: 2024-11-13 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Permadani, Ayu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI PRAMBANAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/84258/1/SKRIPSI_AYU%20PERMADANI%20_YUDISIUM.pdf