<> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#comment> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Thesis> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Article> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://purl.org/dc/terms/title> "PENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA\r\nKELAS I SD NEGERI PRAMBANAN"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://purl.org/ontology/bibo/abstract> "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media\r\npembelajaran kartu aktivitas alfabet yang layak, praktis, dan efektif digunakan pada\r\nsiswa kelas I sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan\r\nmenggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, analysis (analisis),\r\ndesign (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan\r\nevaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah\r\nwawancara, angket, dan tes. Angket yang digunakan untuk validasi materi, validasi\r\nmedia, validasi bahasa, respon guru dan respon siswa dengan menggunakan lima\r\nskala berpedoman pada Skala Likert. Tes yang digunakan untuk siswa\r\nmenggunakan pre test dan post test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media kartu aktivitas alfabet dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Kelayakan media pembelajaran diperoleh dari hasil validasi materi yang memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan klasifikasi “Baik” dan kategori “Layak”. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan klasifikasi “Baik” dan kategori “Layak”. Hasil validasi bahasa memperoleh skor rata-rata 4,1 dengan klasifikasi “Baik” dan kategori “Layak”. Kepraktisan\r\nmedia pembelajaran dinilai dari hasil respon siswa yang mendapatkan skor rata-rata\r\n98,9% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil penilaian guru memperoleh skor\r\nrata-rata 4,63 dengan klasifikasi “Sangat baik” dan kategori “Praktis”. Media Kartu\r\nAktivitas Alfabet ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca\r\npermulaan. Hal tersebut dibuktikan dengan uji efektifitas menggunakan nilai pre\r\ntest dan post test menggunakan rumus N-Gain dan memperoleh presentase sebesar\r\n65% dengan klasifikai “Sedang” dan kategori “Cukup efektif” pada aspek\r\nketerampilan dan memeproleh presentase sebesar 73,3% dengan klasifikasi\r\n“Tinggi” dan kategori “Cukup efektif” pada aspek kognitif.\r\nKata Kunci: Kartu Aktivitas Alfabet, Kemampuan Membaca Permulaan,\r\nPengembangan Media"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://purl.org/dc/terms/date> "2024-11-13" .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://purl.org/ontology/bibo/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Organization> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://purl.org/dc/terms/issuer> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-a4eaec25a41580ef2b8e6e177ead9adb> <http://purl.org/dc/terms/hasPart> <http://eprints.uny.ac.id/id/org/ext-7b75191b29f18ffb5f1730197b0feb00> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://purl.org/ontology/bibo/status> <http://purl.org/ontology/bibo/status/published> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://purl.org/dc/terms/creator> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-d466192796a59d3b627c75ad2156a2d5> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://purl.org/ontology/bibo/authorList> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258#authors> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258#authors> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#_1> <http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-d466192796a59d3b627c75ad2156a2d5> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-d466192796a59d3b627c75ad2156a2d5> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://xmlns.com/foaf/0.1/Person> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-d466192796a59d3b627c75ad2156a2d5> <http://xmlns.com/foaf/0.1/givenName> "Ayu"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-d466192796a59d3b627c75ad2156a2d5> <http://xmlns.com/foaf/0.1/familyName> "Permadani"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/person/ext-d466192796a59d3b627c75ad2156a2d5> <http://xmlns.com/foaf/0.1/name> "Ayu Permadani"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/EPrint> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/ThesisEPrint> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://purl.org/dc/terms/isPartOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/repository> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA\r\nKELAS I SD NEGERI PRAMBANAN (Text)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672583> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672583> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672583> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA\r\nKELAS I SD NEGERI PRAMBANAN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672583> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672583> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672583> <http://eprints.org/relation/islightboxThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672584> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672584> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672584> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA\r\nKELAS I SD NEGERI PRAMBANAN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672584> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672584> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672584> <http://eprints.org/relation/ispreviewThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672585> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672585> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672585> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA\r\nKELAS I SD NEGERI PRAMBANAN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672585> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672585> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672585> <http://eprints.org/relation/ismediumThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672586> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672586> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672586> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA\r\nKELAS I SD NEGERI PRAMBANAN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672586> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672586> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672586> <http://eprints.org/relation/issmallThumbnailVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://eprints.org/ontology/hasDocument> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/672587> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672587> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://eprints.org/ontology/Document> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672587> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#label> "PENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK\r\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA\r\nKELAS I SD NEGERI PRAMBANAN (Other)"^^<http://www.w3.org/2001/XMLSchema#string> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672587> <http://eprints.org/relation/isVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672587> <http://eprints.org/relation/isVolatileVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/document/672587> <http://eprints.org/relation/isIndexCodesVersionOf> <http://eprints.uny.ac.id/id/document/671398> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#seeAlso> <http://eprints.uny.ac.id/84258/> .
<http://eprints.uny.ac.id/84258/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/title> "HTML Summary of #84258 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK&#13;\nMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA&#13;\nKELAS I SD NEGERI PRAMBANAN\n\n" .
<http://eprints.uny.ac.id/84258/> <http://purl.org/dc/elements/1.1/format> "text/html" .
<http://eprints.uny.ac.id/84258/> <http://xmlns.com/foaf/0.1/primaryTopic> <http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Media Pendidikan" .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/media_pend> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#type> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#Concept> .
<http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> <http://www.w3.org/2004/02/skos/core#prefLabel> "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" .
<http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84258> <http://purl.org/dc/terms/subject> <http://eprints.uny.ac.id/id/subject/pssd_pgsd> .