relation: http://eprints.uny.ac.id/84258/
title: PENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK  MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA  KELAS I SD NEGERI PRAMBANAN
creator: Permadani, Ayu
subject: Media Pendidikan
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media  pembelajaran kartu aktivitas alfabet yang layak, praktis, dan efektif digunakan pada  siswa kelas I sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan.  Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan  menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, analysis (analisis),  design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan  evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah  wawancara, angket, dan tes. Angket yang digunakan untuk validasi materi, validasi  media, validasi bahasa, respon guru dan respon siswa dengan menggunakan lima  skala berpedoman pada Skala Likert. Tes yang digunakan untuk siswa  menggunakan pre test dan post test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media kartu aktivitas alfabet dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Kelayakan media pembelajaran diperoleh dari hasil validasi materi yang memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan klasifikasi “Baik” dan kategori “Layak”. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan klasifikasi “Baik” dan kategori “Layak”. Hasil validasi bahasa memperoleh skor rata-rata 4,1 dengan klasifikasi “Baik” dan kategori “Layak”. Kepraktisan  media pembelajaran dinilai dari hasil respon siswa yang mendapatkan skor rata-rata  98,9% dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil penilaian guru memperoleh skor  rata-rata 4,63 dengan klasifikasi “Sangat baik” dan kategori “Praktis”. Media Kartu  Aktivitas Alfabet ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca  permulaan. Hal tersebut dibuktikan dengan uji efektifitas menggunakan nilai pre  test dan post test menggunakan rumus N-Gain dan memperoleh presentase sebesar  65% dengan klasifikai “Sedang” dan kategori “Cukup efektif” pada aspek  keterampilan dan memeproleh presentase sebesar 73,3% dengan klasifikasi  “Tinggi” dan kategori “Cukup efektif” pada aspek kognitif.  Kata Kunci: Kartu Aktivitas Alfabet, Kemampuan Membaca Permulaan,  Pengembangan Media
date: 2024-11-13
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/84258/1/SKRIPSI_AYU%20PERMADANI%20_YUDISIUM.pdf
identifier:   Permadani, Ayu  (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU AKTIVITAS ALFABET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI PRAMBANAN.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.